Skip to main content

Update !! Fitur Terbaru Mengaktifkan SSL/HTTPS Dari Blogger Untuk Domain TLD

Cara Mengaktifkan HTTPS di Blogger Untuk Domain TLD
Secure Socket Layer Blogger
SSL/HTTPS merupakan salah satu fitur terbaru dar Blogger yang dikhususkan untuk blog yang berdomain TLD ( Top Level Domain ), namun sebelumnya blogger juga telah menyediakan fitur HTTPS untuk blog dengan subdomain blogspot pada blogger. Tapi, nyatanya banyak dari kalangan blogger yang tidak mengaktifkan fitur SSL/HTTPS pada blognya. Sebenarnya, kalau dilihat dari segi kegunaannya, ssl ataupun https sangat berdampak bagus untuk blog, salah satunya adalah bisa meningkatkan kualitas SEO pada blog tersebut. Manfaat lainnya dari SSL tersebut adalah bisa mendapatkan kepercayaan dari berbagai kalangan pengiklan untuk berani memasang iklan pada blog kita dan lain sebagainya.

Cara mengaktifkan SSL/HTTPS sebenarnya sangat mudah karena fitur tersebut sudah disediakan oleh Blogger, beda lagi kalau memakai SSL dari pihak ketiga karena kita harus mensetting Sertifikat SSL nya dulu kemudian baru kita custom kan pada blog kita. Itupun hanya berfungsi untuk blog Self Host seperti Wordpress dan lain sebagainya. Namun, untuk blogger juga bisa menggunakan fitur SSL tersebut dari pihak ketiga, seperti pada Cloudflare, namun dampaknya tidak begitu bagus terhadap blog kita, karena terkadang https yang kita pasang dari cloudflare menjadi Error dan tidak bisa diakses di beberapa Browser bahkan negara tertentu.

#Cara Mengaktifkan SSL/HTTPS Terbaru Dari Blogger Untuk Domain TLD


Beda lagi dengan fitur bawaan dari Blogger, karena memang blogger merupakan platform terpercaya dan paling banyak digunakan diseluruh dunia dan pastinya sangat Responsive untuk digunakan. Sebenarnya fitur SSL untuk domain TLD ini belum di umumkan secara resmi di blogger.googleblog.com , tapi sejak munculnya fitur ini banyak blogger yang langsung memanfaatkannya dan memasang diblog mereka termasuk saya sendiri.


Nah, bagi yang belum mengerti cara mengaktifkan SSL/HTTPS untuk domain TLD diblogger berikut langkah-langkahnya. Silahkan simak dan langsung dipraktekkan.

Pertama, silahkan login dulu kedashboard Blogger anda.
Kemudian, silahkan masuk ke draft.blogger.com
Nah, selanjutnya sobat akan diredirect ke dasboard blogger , namun dengan url draft blogger.
Kemudian, langsung saja anda pilih menu Setelan dan pilih Setelan Dasar
Pada Menu disebelah kanan, silahkan anda lihat pada Ketersediaan HTTPS, ubah dari Tidak menjadi Ya. Lihat gambar dibawah ini.

Update !! Fitur Terbaru Mengaktifkan SSL/HTTPS Dari Blogger Untuk Domain TLD

Selanjutnya, tunggu Proses nya untuk mengaktifkan SSL tadi, jangan direload dan tunggu saja antara 1 s.d 2 menit. Lihat Gambar dibawah ini.

Update !! Fitur Terbaru Mengaktifkan SSL/HTTPS Dari Blogger Untuk Domain TLD

Nah, setelah menunggu sekitar 1 menit, nantinya fitur dari Pengalihan HTTPS yang dibawahnya akan hidup dan langsung saja anda ubah dari Tidak menjadi Ya. Lihat gambar dibawah ini.

Update !! Fitur Terbaru Mengaktifkan SSL/HTTPS Dari Blogger Untuk Domain TLD

Sampai disitu, berati fitur SSL/HTTPS diblog anda sudah jalan dan silahkan anda reload kemudian Pilih lihat Blog di pojok kiri atas.
Selesai.

Nah, untuk cara mengaktifkan SSL/HTTPS untuk domain TLD diblogger sudah selesai. Selanjutnya apa yang harus anda lakukan ? Ya, anda harus mensubmit ulang URL blog anda yang sudah berganti dari http ke https ke Google Webmaster ataupun Search Console agar url blog sobat bisa langsung dirayapi oleh Mesin pencari Google.


Setelah anda mensubmit ulang linknya, sobat juga perlu mensubmit ulang sitemap ke Webmaster anda dan sekalian anda Feacth As Google semua link artikel blog agar langsung dirayapi oleh bot google. Selanjutnya, anda juga bisa mengubah settingan Robot.txt di blogger dengan mengganti url blog anda dari http://www.bloganda.com ke https://www.bloganda.com dan selesai.

NB : Biasanya, setelah anda menambahkan fitur SSL/HTTPS ke blog anda, maka PageView nya akan turun dan biasanya juga akan membutuhkan waktu 3 sampai dengan 1 minggu agar normal kembali karena harus dirayapi terlebih dahulu semua URL nya.

Jangan takut, karena jika anda telah menambahkan fitur tersebut dan langsung mensubmit ulang serta langsung mensubmit Sitemap dan Fetch As Google di Webmaster, maka proses indek nya juga sangat cepat dan PV nya dengan cepat akan normal kembali.

Hanya sekian artikel untuk kali ini semoga bisa membantu anda semuanya dalam mengelola sebuah blog dan bisa bermanfaat serta bisa menambahkan wawasan kita semuanya. Jangan lupa untuk kembali berkunjung ke XDTPD Blogs karena akan ada banyak artikel menarik lainnya yang sangat lengkap untuk dipraktekkan. Terimakasih 😉

Comments

Popular posts from this blog

9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses

Untuk sukses dalam bisnis saat ini, Anda harus fleksibel dan memiliki perencanaan dan kemampuan organisasi yang baik. Banyak orang memulai sebuah bisnis yang berpikir bahwa mereka akan menghidupkan komputer mereka atau membuka pintu mereka dan mulai menghasilkan uang, hanya untuk menemukan bahwa menghasilkan uang dalam bisnis jauh lebih sulit daripada yang mereka duga. Anda dapat menghindari hal ini dalam usaha bisnis Anda dengan meluangkan waktu dan merencanakan semua langkah penting yang Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan.
9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses
Nah, bagi anda yang baru memulai maupun sedang mengembangkan bisnis anda ketahap selanjutnya. Maka beberapa tips dibawah ini mungkin bisa saja membantu anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut adalah 9 Tips Untuk Membangun Bisnis Yang Sukses.
1. Teratur
Agar sukses dalam bisnis Anda perlu diatur. Organisasi akan membantu Anda menyelesaikan tugas dan tetap berada di atas hal-hal yang harus dilakukan. Cara yang baik untuk…

Apa itu Pinjaman Mikro dan Cara Mendapatkannya?

Setiap orang memiliki saat-saat ketika tidak ada cukup uang untuk membeli sesuatu, dan tidak mungkin menunggu gaji. Misalnya, Anda ingin membeli sesuatu, yang sekarang diskon, tapi tidak cukup untuk beberapa ribu rubel, dan mungkin batas akhir pembayaran pinjaman atau hutang kepada mitra bisnis. Apa yang harus dilakukan dalam kasus ini, jika Anda tidak dapat mengambil uang dari mana saja? Satu-satunya pilihan yang bisa memecahkan masalah Anda adalah pinjaman mikro.
Pinjaman mikro adalah pinjaman kecil yang diberikan oleh lembaga kredit. Perbedaan utama antara pinjaman ini dan kredit biasa adalah bahwa sejumlah kecil uang dikeluarkan dan dengan tingkat bunga tinggi. Oleh karena itu, perlu mengembalikan pinjaman mikro secepat mungkin, agar tidak membayar lebih.
Aspek positif dari pinjaman mikro Untuk mengambil pinjaman mikro dari Anda, Anda tidak memerlukan semua dokumen yang biasanya dibutuhkan bank saat menyetujui permohonan pinjaman. Oleh karena itu, keuntungan yang tidak diragukan dar…

Bacaan Niat Salat Sunnah Qobliyah Subuh, Dua Rakaat yang Tak Pernah Ditinggal oleh Nabi Muhammad SAW

Berikut di bawah ini adalah bacaan niat salat sunnah qobliyah Subuh.

Salat sunnah qobliyah Subuh adalah salat sunnah dua rakaat yang dikerjakan sebelum salat Subuh.

Dalam sejumlah hadist, muslim yang melaksanakan salat sunnah qobliyah Subuh akan mendapat pahala yang sangat besar.

Menurut hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Rasulullah saw hampir tidak pernah meninggalkan salat sunnah qobliyah Subuh.

Hukum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.

Berikut tata cara pelaksanaan shalat sunnah qabliyah subuh niat dan bacaannya:

Pertama, membaca niat

Bacaan atau lafadz niat dari shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua raka’t karena Allah Taala Kedua, Membaca surat al-fatihah dan surat-surat al-Qur’an  Pada rakaat pertama…