Skip to main content

4 Hal Utama Yang Menyebabkan Bisnis Online Gagal ( Analisa Bisnis ) !!

penyebab bisnis gagal
Penyebab Gagalnya Bisnis Online
Dalam menjalankan suatu bisnis banyak orang yang mengeluh karena gagal. Penyebab bisnis online gagal biasanya disebabkan oleh pemilik bisnis itu sendiri yang kurang paham dengan bisnis yang sedang dijalankannya ataupun kesalahan target pasar/audiens yang berefek pada sedikitnya costumer. Hal ini menyebabkan peluang bisnis online tersebut tidak mencapai target, sehingga peluang bisnis tersebut dapat berakibat fatal hingga menjadi tidak berkembang dan bangkrut.

Sebenarnya, internet menawarka banyak sekali peluang bisnis yang menguntungkan dan sudah terbukti banyak orang yang telah sukses dalam menjalankan suatu bisnis online tersebut. Sekarang ini, bisnis online sangat banyak dijalankan , hal ini membuktikan bahwa bisnis online menjadi bisnis yang menjanjikan yang dapat dijalankan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Apalagi sekarang ini, banyak dari Industru bisnis offline yang mulai menjalankan bisnis mereka secara online dan terbukti sangat efektif untuk mendongkrak bisnis tersebut.

#Hal Utama Penyebab Bisnis Online Gagal


Walaupun sekarang ini banyak bisnis offline yang migrasi secara online dan pembisnis online yang sudah terbukti bisa berpenghasilan ratusan juta perbulan dan sangat menjajikan bagi kelancaran bisnis nya, tapi masih banyak juga yang gagal.

Nah, kegagalan memang bisa terjadi pada siapa saja, namun kegagalan tersebut bisa kita jadikan sebagai pengalaman agar tidak kita ulangi kembali. Kegagal dalam berbisnis memang sangat rawan, dan resiko menjalankan bisnis online juga sangat besar dan bisa terjadi setiap saat. Awal kemunculan bisnis online di Indonesia memang sangat Booming dan banyak orang yang bergegas untuk mencobanya. Namun, seiring waktu banyak orang yang mengeluh karena bisnis online yang mereka bangun tidak berkembang. Hal ini bisa kita bilang bahwa si pemilik bisnis online tersebut masih belum mampu memanfaatkan suatu peluang bisnis dengan baik, dan terlebih lagi tidak paham dengan dasar bisnis online tersebut.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Online Untuk Promosi Produk Terbaru

Baiklah, berikut ini akan kita bahas apa saja penyebab kegagalan suatu bisnis online yang sering terjadi menurut XDTPD Blogs dari beberapa pengamatan dan hasil riset dari Google. Silahkan simak 4 Hal utama yang menyebabkan bisnis online gagal, agar nantinya tidak terjadi dengan bisnis yang sedang anda kembangkan :

1. Putus Asa dan Menyerah di Tengah Jalan


Hal pertama yang menyebabkan bisnis online gagal adalah putus asa dan menyerah ditengah jalan. Hal ini memang sangat umum terjadi, apalagi kita sebagai pembisnis yang kekurangan modal untuk mengembangkan bisnis tersebut. Dalam menjalankan semua bisnis tentunya akan ada banyak proses yang harus kita tempuh hingga mencapai kesuksesan. Apalagi rintangan, ya rintangan dalam menjalankan suatu bisnis menjadi faktor utama gagalnya suatu bisnis karena biasanya banyak sekali orang yang mengeluh disaat dihadapi rintangan tersebut sehingga mereka akan menyerah ditengan jalan dan tidak melanjutkan bisnis tersebut.

Sebenarnya, jika terdapat kendala dalam menjalankan suatu bisnis, anda bisa mencari solusi diberbagai media online ataupun berkonsultasi dengan ahli bisnis agar nantinya anda dapat mengevaluasi setiap kesalahan yang terjadi dalam bisnis online anda tersebut. Nah, tantangan yang sering terjadi dalam berbisnis biasanya terdapat pada diri kita sendiri seperi Rasa Malas, Tidak Berkomitmen dan Mudah Menyerah. Jika tantangan tersebut bisa anda hadapi, mungkin bisnis yang sedang anda jalankan akan lebih mudah berkembang.

2. Tidak Fokus Dalam Menjalankan Bisnis Online Tersebut


Nah, yang kedua biasanya sering terjadi adalah tidak fokus menjalankan bisnis tersebut. Artinya, anda sering kali terkecok dengan keberhasilan orang lain sehingga menyebabkan anda sibuk untuk mencari berbagai hal tentang bisnis orang lain hingga anda lupa mengembangkan bisnis yang anda jalankan tersebut. Sebenarnya untuk menganalisis bisnis orang lain sangat direkomendasikan, tapi sebaiknya, anda fokus dulu dengan apa yang sedang anda bangun dan jika memang anda terkecoh dengan bisnis orang lain, sebaiknya sebelum anda membangun suatu bisnis anda tentukan dulu bisnis apa yang akan anda bangun dan kembangkan.

Baca Juga : Penyebab Gagalnya Suatu Bisnis Yang Harus di Waspadai

Kan tidak semua pembisnis sama bisnis dengan anda. Misalkan, anda sedang menjalankan bisnis online sebagai reseller suatu produk dan hasilnya sudah lumayan. Kemudian anda melihat teman anda pendapatan teman anda tersebut lebih besar dari penghasilan anda, namun teman anda tersebut menjalankan bisnis online nya sebagai Publisher Google Adsense bukan sebagai reseller seperti anda. Maka pasti anda akan terkecok dengan apa yang sedang dia jalankan, sehingga membuat anda untuk belajar tentang Google Adsense sehingga bisnis yang anda jalankan tidak terurus karena anda sibuk mencari informasi tentang Google Adsense tersebut.

3. Kurangnya Praktek dan Banyak Mengeluh


Biasanya poin ketiga ini sangat umum ditemukan, setelah mereka belajar tentang berbagai teori ataupun teknik bisnis online yang ia dapatkan, maka mereka sering kali untuk tidak mempraktekkan hal tersebut, Mereka hanya mencari informasi tersebut sebagai pengetahun bukan sebagai informasi untuk dipraktekkan. Selain itu, biasanya ada banyak sekali orang yang berkonsultasi tentang bisnis mereka dengan pembisnis yang sudah sukses, tapi hasil dari konsultasi tersebut tidak mereka terapkan pada bisnis yang dia bangun. Hal ini menyebabkan bisnis tersebut tidak akan berkembang sehingga akan membuat pembisnis itu sendiri mengeluh dengan apa yang sedang dia jalankan itu.

Hal ini sangat sering saya temukan dari teman-teman blogging saya, yang hanya membaca ilmu blogging tapi tidak mereka praktekkan. Mereka hanya tergoda dari pendapatan blogger yang sudah bisa menghasilkan puluhan juta dari blognya sehingga mereka juga menginginkan hal tersebut terjadi pada blog mereka dalam waktu singkat dan jika mereka gagal maka keluhan di berbagai forum sangat banyak ditemukan.

4. Kurang Memahai Bisnis Yang Sedang di Jalankan


Yang terakhir penyebab bisnis online gagal adalah kurangnya pemahaman dengan bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga nantinya bisnis tersebut tidak pernah bisa berkembang apalagi sukses. Ada baiknya, anda menjalankan bisnis online sesuai dengan keahlian anda sehingga bisns yang anda jalankan akan terasa lebih mudah untuk dikembangkan. Dan jika ada kendala, maka dengan mudah bisa anda handle sendiri karena keahlian anda memang dalam hal tersebut.

Baca Juga : Panduan Strategi Marketing Untuk Small Business

Jika ingin bisnis online anda cepat maju, maka jangan sekali-kali mencoba bisnis online yang tidak sesuai dengan pengetahuan anda, karena resiko menjalankan bisnis online jauh lebih besar dan dapat menyebabkan kebangkruta.

Itulah 4 Hal Utama Penyebab Bisnis Online Gagal, semoga dengan adanya informasi diatas dapat menambahkan wawasan kita semuanya dalam menjalankan suatu bisnis dan bisa mencegah gagalnya bisnis yang kita bangun. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke XDTPD Blogs karena akan banyak informasi bisnis menarik lainnya yang akan terus diupdate setiap saat. Terimakasih 😊

Comments

Popular posts from this blog

9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses

Untuk sukses dalam bisnis saat ini, Anda harus fleksibel dan memiliki perencanaan dan kemampuan organisasi yang baik. Banyak orang memulai sebuah bisnis yang berpikir bahwa mereka akan menghidupkan komputer mereka atau membuka pintu mereka dan mulai menghasilkan uang, hanya untuk menemukan bahwa menghasilkan uang dalam bisnis jauh lebih sulit daripada yang mereka duga. Anda dapat menghindari hal ini dalam usaha bisnis Anda dengan meluangkan waktu dan merencanakan semua langkah penting yang Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan.
9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses
Nah, bagi anda yang baru memulai maupun sedang mengembangkan bisnis anda ketahap selanjutnya. Maka beberapa tips dibawah ini mungkin bisa saja membantu anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut adalah 9 Tips Untuk Membangun Bisnis Yang Sukses.
1. Teratur
Agar sukses dalam bisnis Anda perlu diatur. Organisasi akan membantu Anda menyelesaikan tugas dan tetap berada di atas hal-hal yang harus dilakukan. Cara yang baik untuk…

Apa itu Pinjaman Mikro dan Cara Mendapatkannya?

Setiap orang memiliki saat-saat ketika tidak ada cukup uang untuk membeli sesuatu, dan tidak mungkin menunggu gaji. Misalnya, Anda ingin membeli sesuatu, yang sekarang diskon, tapi tidak cukup untuk beberapa ribu rubel, dan mungkin batas akhir pembayaran pinjaman atau hutang kepada mitra bisnis. Apa yang harus dilakukan dalam kasus ini, jika Anda tidak dapat mengambil uang dari mana saja? Satu-satunya pilihan yang bisa memecahkan masalah Anda adalah pinjaman mikro.
Pinjaman mikro adalah pinjaman kecil yang diberikan oleh lembaga kredit. Perbedaan utama antara pinjaman ini dan kredit biasa adalah bahwa sejumlah kecil uang dikeluarkan dan dengan tingkat bunga tinggi. Oleh karena itu, perlu mengembalikan pinjaman mikro secepat mungkin, agar tidak membayar lebih.
Aspek positif dari pinjaman mikro Untuk mengambil pinjaman mikro dari Anda, Anda tidak memerlukan semua dokumen yang biasanya dibutuhkan bank saat menyetujui permohonan pinjaman. Oleh karena itu, keuntungan yang tidak diragukan dar…

Bacaan Niat Salat Sunnah Qobliyah Subuh, Dua Rakaat yang Tak Pernah Ditinggal oleh Nabi Muhammad SAW

Berikut di bawah ini adalah bacaan niat salat sunnah qobliyah Subuh.

Salat sunnah qobliyah Subuh adalah salat sunnah dua rakaat yang dikerjakan sebelum salat Subuh.

Dalam sejumlah hadist, muslim yang melaksanakan salat sunnah qobliyah Subuh akan mendapat pahala yang sangat besar.

Menurut hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Rasulullah saw hampir tidak pernah meninggalkan salat sunnah qobliyah Subuh.

Hukum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.

Berikut tata cara pelaksanaan shalat sunnah qabliyah subuh niat dan bacaannya:

Pertama, membaca niat

Bacaan atau lafadz niat dari shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua raka’t karena Allah Taala Kedua, Membaca surat al-fatihah dan surat-surat al-Qur’an  Pada rakaat pertama…