Skip to main content

Penyebab Gagalnya Suatu Bisnis Yang Harus di Waspadai

Penyebab Kegagalan Pada Suatu Bisnis Yang Harus di Waspadai
Gagal
Penyebab Kegagalan Pada Bisnis - Dalam menjalankan sebuah usaha, ada baiknya anda mewaspadai beberapa poin penting. Mengetahui penyebab kegagalan pada bisnis sejak dini adalah salah satu cara agar bisnis anda dapat berjalan dengan baik. Dengan mengetahui penyebab gagalnya bisnis, maka sangat menguntungkan bagi kita, karena bisa  mencari cara untuk mengantisipasi penyebab kegagalan tersebut dan tidak akan terjadi pada bisnis yang sedang anda jalankan.

Memang, kegagalan pada setiap bisnis ataupun suatu adalah hal yang wajar. Namun, jika anda tidak mengantisipasi sejak dini, maka akan sangat berdampak pada bisnis anda nantinya. Ini sangat bermanfaat bagi kita untuk memanilisir penyebab kegagalan tersebut dan bisa menyediakan upaya pencegahan dan solusinya.

Baca Juga : 5 Jenis Usaha Terlaris dan Paling Menguntungkan

Selain itu, yang terpenting bukanlah mengetahui penyebab gagalnya suatu bisnis, tapi bagaimana kita bisa tetap bertahan dan bangkit kembali dari kegagalan tersebut serta terus berinovasi dari pengalaman yang kita dapatkan. Melakukan perbaikan, evaluasi dan menata kembali bisnis yang sedang kita kembangkan sudah seharusnya kita lakukan secara terus menerus agar tetap bisa bersaing dalam persaingan dunia bisnis.

#Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Paling Umum Terjadi


Nah, dibawah ini adalah beberapa kegagalan yang terjadi pada suatu bisnis yang paling umum dan sering terjadi. Silahkan simak baik-baik agar anda bisa berusaha mencegah hal-hal yang menjadi penyebab gagalnya suatu bisnis.

1. Tidak Paham Dengan Bisnis Yang Sedang di Jalankan


Hal yang sangat sering terjadi dalam dunia bisnis adalah tidak memahami bisnis yang sedang ia jalankan. Ada baiknya, sebelum anda menjalankan sebuah bisnis, anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa hal seputar bisnis yang akan anda jalankan tersebut. Akan lebih baik lagi, jika usaha yang akan kita jalankan sesuai dengan minat serta keahlian yang kita miliki. Dengan begitu, menjalankan bisnis tersebut akan terasa lebih mudah dan dapat mengetahui apa saja faktor yang bisa membuat bisnis tersebut gagal.

Menjalankan bisnis bukan hanya sekedar memproduksi dan memasarkan suatu barang ataupun produk, melaikan anda juga harus tau strategi pemasaran yang efektif dan bisa mengetahui jumlah berapa frekuensi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sebenarnya, jika anda ingin bisnis cepat berkembang anda juga harus ahli dalam bisnis tersebut, bukan hanya mengutamakan modal. Walaupun anda bukan ahlinya, setidaknya anda sudah berpengalaman ataupun pernah bekerjasama dengan orang lain terhadap jenis bisnis yang akan jalankan tersebut.

2. Hanya Untuk Coba-Coba


Yang kedua dari penyebab gagalnya suatu bisnis adalah karena hanya untuk coba-coba ataupun iseng-iseng semata. Faktor coba-coba tersebut sangat sering menjadi penyebab gagalnya suatu bisnis, karena anda tidak pernah fokus untuk mengembangkan bisnis tersebut. 


Ketika anda ingin membangun suatu bisnis, maka anda juga harus siap dengan usaha yang keras untuk mengembangkan bisnis tersebut agar cepat berkembang. Selain itu, niat serta tekad yang kuat untuk membawa bisnis tersebut sukses juga masih menjadi poin utama pada semua jenis usaha. Jika anda membangun bisnis hanya untuk mencoba-coba saja, saya sarankan anda untuk berhenti saja. Karena nantinya akan banyak modal yang dikeluarkan dan tidak sesuai dengan pemasukkan.


3. Tidak Memiliki Keahlian Dalam Pemasaran


Nah, pada setiap usaha ataupun bisnis, pemasaran adalah langkah utama yang harus dimiliki oleh semua kalangan pembisnis. Jika anda tidak mempunyai skill pada pemasaran, maka jangan berharap produk ataupun layanan yang anda tawarkan bisa dikenal banyak orang. Agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan semestinya, anda juga harus paham dengan berbagai metode pemasaran serta strategi marketing terhadap suatu produk.

Strategi Marketing yang efektif sangat berguna terhadap suatu bisnis, karena bisa memasarkan suatu produk dengan target audiens yang telah kita rencanakan sebelumnya. Nantinya, produk ataupun layanan yang kita tawarkan akan semakin mudah dikenal dan dapat menjangkau banyak orang.

4. Tidak Paham Cara Mengelola Keuangan


Keuangan pada suatu bisnis sangatlah penting. Jika anda tidak tau bagaimana mengelola keuangan, maka siap-siap anda akan mengalami kebangkrutan. Biasanya, banyak orang yang tidak mempedulikan hal ini, dan hasilnya sangat berdampak sekali pada bisnis mereka karena biaya pengeluaran lebih besar dari pada biaya pemasukkannya.


Intinya, jika ingin membangun bisnis dengan baik, keuangan nya juga harus dikelola dengan baik. Bukan hanya mengelola keuangan, pihak Administrasi juga harus paham bagaimana untuk mendapatkan pemasukan dan mengelola pemasukan tersebut hingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

5. Tidak Fokus Terhadap Bisnis Yang di Jalankan


Jika anda tidak fokus dengan bisnis yang sedang anda jalankan, maka jangan harap bisnis tersebut dapat berkembang dengan baik. Kebanyakan para pembisnis gagal ditengah jalan dikarenakan tidak fokus dalam upaya mengembangkan bisnisnya. Jadi, untuk membuat bisnis anda tetap bisa berkembang, anda juga harus fokus dengan target ataupun tujuan anda membangun bisnis tersebut.

6. Kurangnya Pengetahuan Tentang Teknologi


Pengetahuan terhadap teknologi juga sangat berpengaruh pada suatu bisnis. Seperti yang kita tahu, sekarang ini, semua aktivitas sudah banyak dijalankan secara digital. Baik itu komunikasi, Transaksi maupun lainnya. Jadi, jika anda mempunyai pengetahuan tentang teknologi, maka sangat mudah untuk anda mengembangkan suatu bisnis dengan mengikuti perkembangan zaman.

Contohnya adalah bisnis yang menyimpan suatu informasi pelanggan nya kedalam suatu database. Tentunya anda juga harus mempunyai kemanan yang baik terhadap sistem tersebut. Jika sistem yang anda pakai lemah, maka kemungkinan bocornya informasi pelanggan anda sangat besar dan ini akan sangat berdampak pada bisnis anda tersebut.

Itulah beberapa Penyebab Kegagalan Suatu Bisnis yang sangat umum terjadi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan menambahkan wawasan kita semuanya. Terlebih lagi, kita dapat mengetahui upaya untuk mencegah penyebab gagalnya bisnis tersebut sejak dini. Jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan pada kolom komentar. Silahkan share artikel ini jika menurut anda dapat menambahkan wawasan semua pembacanya. ☺

Comments

Popular posts from this blog

9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses

Untuk sukses dalam bisnis saat ini, Anda harus fleksibel dan memiliki perencanaan dan kemampuan organisasi yang baik. Banyak orang memulai sebuah bisnis yang berpikir bahwa mereka akan menghidupkan komputer mereka atau membuka pintu mereka dan mulai menghasilkan uang, hanya untuk menemukan bahwa menghasilkan uang dalam bisnis jauh lebih sulit daripada yang mereka duga. Anda dapat menghindari hal ini dalam usaha bisnis Anda dengan meluangkan waktu dan merencanakan semua langkah penting yang Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan.
9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses
Nah, bagi anda yang baru memulai maupun sedang mengembangkan bisnis anda ketahap selanjutnya. Maka beberapa tips dibawah ini mungkin bisa saja membantu anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut adalah 9 Tips Untuk Membangun Bisnis Yang Sukses.
1. Teratur
Agar sukses dalam bisnis Anda perlu diatur. Organisasi akan membantu Anda menyelesaikan tugas dan tetap berada di atas hal-hal yang harus dilakukan. Cara yang baik untuk…

Apa itu Pinjaman Mikro dan Cara Mendapatkannya?

Setiap orang memiliki saat-saat ketika tidak ada cukup uang untuk membeli sesuatu, dan tidak mungkin menunggu gaji. Misalnya, Anda ingin membeli sesuatu, yang sekarang diskon, tapi tidak cukup untuk beberapa ribu rubel, dan mungkin batas akhir pembayaran pinjaman atau hutang kepada mitra bisnis. Apa yang harus dilakukan dalam kasus ini, jika Anda tidak dapat mengambil uang dari mana saja? Satu-satunya pilihan yang bisa memecahkan masalah Anda adalah pinjaman mikro.
Pinjaman mikro adalah pinjaman kecil yang diberikan oleh lembaga kredit. Perbedaan utama antara pinjaman ini dan kredit biasa adalah bahwa sejumlah kecil uang dikeluarkan dan dengan tingkat bunga tinggi. Oleh karena itu, perlu mengembalikan pinjaman mikro secepat mungkin, agar tidak membayar lebih.
Aspek positif dari pinjaman mikro Untuk mengambil pinjaman mikro dari Anda, Anda tidak memerlukan semua dokumen yang biasanya dibutuhkan bank saat menyetujui permohonan pinjaman. Oleh karena itu, keuntungan yang tidak diragukan dar…

Bacaan Niat Salat Sunnah Qobliyah Subuh, Dua Rakaat yang Tak Pernah Ditinggal oleh Nabi Muhammad SAW

Berikut di bawah ini adalah bacaan niat salat sunnah qobliyah Subuh.

Salat sunnah qobliyah Subuh adalah salat sunnah dua rakaat yang dikerjakan sebelum salat Subuh.

Dalam sejumlah hadist, muslim yang melaksanakan salat sunnah qobliyah Subuh akan mendapat pahala yang sangat besar.

Menurut hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Rasulullah saw hampir tidak pernah meninggalkan salat sunnah qobliyah Subuh.

Hukum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.

Berikut tata cara pelaksanaan shalat sunnah qabliyah subuh niat dan bacaannya:

Pertama, membaca niat

Bacaan atau lafadz niat dari shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua raka’t karena Allah Taala Kedua, Membaca surat al-fatihah dan surat-surat al-Qur’an  Pada rakaat pertama…