Skip to main content

Pentingnya Tata Kelola Perusahaan Yang Harus di Ketahui

Tata Kelola Perusahaan Yang Bagus
Tata Kelola Perusahaan
Tata Kelola Perusahaan ataupun Corporate Governance adalah salah satu cara untuk mengelola suatu perusahaan menjadi lebih baik. Tata Kelola Perusahaan Yang Baik ataupun Good Corporate Governance (GCG) merupakan prinsip-prinsip yang mendasari atas suatu proses dan mekanisme suatu perusahaan untuk meningkatkan keberhasilan pada suatu usaha ataupun bisnis dan akuntabilitas untuk mewujudkan perusahaan dalam jangka panjang dan tetap memperhatikan kepentingan stakeholders perusahaan berlandaskan undang-undang dan etika dalam menjalankan suatu bisnis.

Pada dasarnya, Tata Kelola Perusahaan adalah suatu metode untuk mengatur perusahaan layaknya mengatur suatu negara yang berdaulat untuk tetap mengitkuti undang-undang maupun kebijakan pada perusahaan tersebut kepada para karyawannya, baik itu dari tingkat tertinggi maupun tingkat terendah.

#Prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Bagus ( Good Corporate Governance )


Mekanisme Tata Kelola Perusahaan sangat berpengaruh pada penetapan dan pencapaian suatu tujuan serta pembentukan dan pengembangan sistem budaya kerja dilingkungan Persero (Perusahaan). Bagi perusahaan, implementasi tata kelola perusahaan merupakan kebijakan utama untuk dapat mewujudkan visi dan misi dari perusahaan tersebut.

Dalam upaya menjaga seluruh stakeholder dan dapat meningkatkan nilai bagi pemegang saham, selama ini perusahaan telah menerapkan Good Corporate Governance ataupun tata kelola perusahaan yang baik dalam semua kegiata dan usahanya. Suatu perusahaan memiliki komitmen untuk selalu berperilaku dan memperlihatkan etika bisnis sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku.

Baca Juga : Strategi Perencanaan Keuangan Untuk Bisnis dan Keluarga Paling Efektif

Baiklah, untuk jelasnya, silahkan perhatikan prinsip tata kelola perusahaan yang baik dibawah ini dengan sesama.

1. Pengakuan pemengang saham adalah salah satu kunci untuk mempertahankan harga saham pada suatu perusahaan. Tata kelola Perusahaan yang baik adalah dengan berusaha untuk memastikan bahwa semua pemegang saham dapat bisa mendapat suara pada rapat umum dan diperbolahkan untuk berpatisipasi.

2. Kepentingan Pemangku juga harus bisa diakui oleh Corporate Governance yang secara khusus dapat meluangkan waktu untuk dapat menangani pemangku kepentingan yang bukan pemegang saham untuk dapat membantu perusahaan serta dapat menjalin hubungan positif dengan masyarakat dan pers.

3. Tanggung Jawab Dewan harus dijelaskan secara jelas kepada pemegang saham manyoritas agar bisa memperjelas semua kebijakan yang berlaku. Semua anggota dewan harus berada pada halaman yang sama dan memiliki visi yang serupa untuk masa depan suatu perusahaan.

Baca Juga : Konsep Dasar Manajemen Bisnis Yang Harus di Ketahui

4. Transparansi Bisnis adalah sebagai kunci untuk mempromosikan kepercayaan pemegang saham. Maksudnya begini, catatan keuangan maupun laporan pendapatan kedepan semuanya harus dinyatakan secara jelas tanpa pembesar atau akutansi "Kreatif". Memalsukan catatan keuangan suatu perusahaan dapat menyebabkan perusahan tersebut menjadi skema ponzi, dan akan ditangani dengan sesuai.

Nah itulah alasan pentingnya tata kelola perusahaan yang harus diperhatikan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dan menambahkan wawasan kita semuanya serta dapat bermanfaat bagi perusahaan anda. Silahkan share artikel ini sebagai salah satu dukungan untuk XDTPD Blogs agar dapat menyajikan berbagai artikel ataupun informasi lainnya diwaktu yang akan datang. ☺

Comments

Popular posts from this blog

9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses

Untuk sukses dalam bisnis saat ini, Anda harus fleksibel dan memiliki perencanaan dan kemampuan organisasi yang baik. Banyak orang memulai sebuah bisnis yang berpikir bahwa mereka akan menghidupkan komputer mereka atau membuka pintu mereka dan mulai menghasilkan uang, hanya untuk menemukan bahwa menghasilkan uang dalam bisnis jauh lebih sulit daripada yang mereka duga. Anda dapat menghindari hal ini dalam usaha bisnis Anda dengan meluangkan waktu dan merencanakan semua langkah penting yang Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan.
9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses
Nah, bagi anda yang baru memulai maupun sedang mengembangkan bisnis anda ketahap selanjutnya. Maka beberapa tips dibawah ini mungkin bisa saja membantu anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut adalah 9 Tips Untuk Membangun Bisnis Yang Sukses.
1. Teratur
Agar sukses dalam bisnis Anda perlu diatur. Organisasi akan membantu Anda menyelesaikan tugas dan tetap berada di atas hal-hal yang harus dilakukan. Cara yang baik untuk…

Apa itu Pinjaman Mikro dan Cara Mendapatkannya?

Setiap orang memiliki saat-saat ketika tidak ada cukup uang untuk membeli sesuatu, dan tidak mungkin menunggu gaji. Misalnya, Anda ingin membeli sesuatu, yang sekarang diskon, tapi tidak cukup untuk beberapa ribu rubel, dan mungkin batas akhir pembayaran pinjaman atau hutang kepada mitra bisnis. Apa yang harus dilakukan dalam kasus ini, jika Anda tidak dapat mengambil uang dari mana saja? Satu-satunya pilihan yang bisa memecahkan masalah Anda adalah pinjaman mikro.
Pinjaman mikro adalah pinjaman kecil yang diberikan oleh lembaga kredit. Perbedaan utama antara pinjaman ini dan kredit biasa adalah bahwa sejumlah kecil uang dikeluarkan dan dengan tingkat bunga tinggi. Oleh karena itu, perlu mengembalikan pinjaman mikro secepat mungkin, agar tidak membayar lebih.
Aspek positif dari pinjaman mikro Untuk mengambil pinjaman mikro dari Anda, Anda tidak memerlukan semua dokumen yang biasanya dibutuhkan bank saat menyetujui permohonan pinjaman. Oleh karena itu, keuntungan yang tidak diragukan dar…

Bacaan Niat Salat Sunnah Qobliyah Subuh, Dua Rakaat yang Tak Pernah Ditinggal oleh Nabi Muhammad SAW

Berikut di bawah ini adalah bacaan niat salat sunnah qobliyah Subuh.

Salat sunnah qobliyah Subuh adalah salat sunnah dua rakaat yang dikerjakan sebelum salat Subuh.

Dalam sejumlah hadist, muslim yang melaksanakan salat sunnah qobliyah Subuh akan mendapat pahala yang sangat besar.

Menurut hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Rasulullah saw hampir tidak pernah meninggalkan salat sunnah qobliyah Subuh.

Hukum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.

Berikut tata cara pelaksanaan shalat sunnah qabliyah subuh niat dan bacaannya:

Pertama, membaca niat

Bacaan atau lafadz niat dari shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua raka’t karena Allah Taala Kedua, Membaca surat al-fatihah dan surat-surat al-Qur’an  Pada rakaat pertama…