Skip to main content

Panduan Strategi Marketing Untuk Bisnis Kecil-Kecilan

Panduan Strategi Marketing Untuk Bisnis Kecil-Kecilan
Marketing Strategy for Small Business
XDTPD Blogs | Teknik pemasaran usaha kecil bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk memulainya kita harus memiliki strategi pemasaran yang solid sesuai dengan strategi marketing yang ditargetkan agar memberikan peluang pemasaran yang efektif dan meningkatkan pemasaran anda lebih luas. Perencanaan Strategi Pemasaran adalah awal dari kesuksesan bisnis anda. Makanya dibutuhkan cara terbaik untuk memastikan keberhasilan kampanye dalam bisnis anda.

#Inilah Beberapa Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Kecil-Kecilan yang Efektif


Pada postingan sebelumnya, saya sudah telah membagika sebuah artikel yang berkenaan dengan Strategi Marketing Paling Ampuh Untuk Menjalankan Bisnis Melalui Internet, dan artikel ini adalah kelanjutan dari Strategi Marketing tersebut yang patut anda coba bagi yang mempunyai bisnis kecil-kecil ataupun Small Business.

#1. Tentukan Target Yang Ingin Anda Capai


Dalam setiap menjalankan bisnis, kita harus memiliki target pemasaran yang lebih jelas terlebih dahulu dan memiliki gagasan yang tepat untuk mencapai target pemasaran yang bagus. Dalam menentukan strategi pemasaran, cobalah anda untuk lebih spesifik dalam menetapkan suatu tujuan. Misalkan, dari pada menetapkan tujuan umum seperti " Mempublikasikan Bisnis Saya ", maka ada baiknya kita lebih menargetkan tujuan yang lebih spesifik lagi seperti " Teknik Mendapatkan Pelanggan dari Daerah Setempat ". Dengan begitu, peluang dalam kampanye untuk target pemasaran kita jauh lebih besar.

#2. Mengidentifikasi Target Audiens Anda


Selanjutnya adalah dengan menetukan Target Audiens anda. Pikirkan target yang disukai oleh mereka, cari tahu apa kentingan mereka , apa yang yang mereka butuhkan. Dengan begitu, maka peluang untuk mendapatkan target pemasaran akan lebih besar. Misalnya, jika target pelanggan baru anda adalah dari lingkungan sendiri, maka kemungkinan besar target Audiens anda adalah penduduk lokal. Namun, anda juga harus lebih giat dalam mencari informasi terhadapat calon pelanggan anda, mulai dari Usia, Hobi, maupun kepentingan lainnya yang berkaitan dengan penduduk lokal tersebut. Dengan begitu, maka kita akan lebih mudah dalam menargetkan suatu pemasaran dilingkungan tersebut. Contohnya, jika disekitar itu terdapat lebih banyak remaja, maka target pemasaran anda harus benar-benar apa yang mereka butuhkan. Dengan demikian, maka peluang Pemasaran kita akan jauh lebih besar.

#3. Penelitian Tentang Audiens Target Anda


Selanjutnya, kita sebagai pelaku bisnis juga harus mengetahui lebih banyak tentang Audiens target dalam upaya menyesuaikan kampanye anda sesuai dengan target yang ditujukan. Coba anda cari tahu, bagaimana mereka menghabiskan hidup sehari serta bagaimana mereka berkomunikasi. Misalnya, jika Audiens target anda lebih banyak menghabiskan waktu secara online dengan berbagai social media, maka strategi pemasaran anda akan berpeluang besar bila dilakukan dengan membuat kampanye diberbagai jejaring social untuk menjangkau target.

#4. Memanfaatkan Stok Sumber Daya kita


Jika anda memiliki anggaran yang cukup yang besar untuk membangun kampanye pemasaran anda, maka manfaatkan anggaran tersebut untuk membeli semua layanan maupun barang-barang yang dibutuhkan untuk mempromosikan bisnis anda. Sebaliknya, jika anda memiliki sedikit bahkan tidak mempunyai anggaran sama sekali, maka manfaatkan apa yang ada untuk mempromosikan bisnis anda tersebut. Kemungkinan, jika anda memilik anggaran yang kecil, untuk mempromosikan bisnis andapun akan memakan waktu yang lumayan lama. Namun, jika anda bertekad untuk dapat membangun strategi pemasaran anda lebih cepat, maka carilah kontak dengan media lokal dan bisa mendapatkan dukungan dari bisnis lokal lainnya.

Baca Juga : Penyebab dan cara Mencegah Global Warming

#5. Perencanaan Strategi Pemasaran


Yang terakhir adalah mengambil kesimpulan dalam memaksimalkan perencanaan strategi pemasaran anda. Setelah anda memiliki gagasan yang tepat dan jelas dari beberapa poin diatas, maka anda dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk tujuan target pemasaran dan mendapatkan audiens target sesuai dengan yang direncanakan. Ingat, peluang kampanye untuk bisnis anda akan lebih besar jika semua poin diatas dapat anda pahami dengan jelas. Jangan menargetkan suatu kampanye jika anda belum dapat mengidentifikasi semua audiens target anda tersebut.


Itulah Panduan Strategi Pemasaran untuk Bisnis Keci-kecilan yang sangat ampuh untuk diterapkan pada semua bisnis. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat anda lebih semangat dan menemukan solusi yang tepat dalam membangun bisnis. Demikian artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi semua para pembaca.

Result Keywords :
Panduan Marketing
Strategi Pemasaran Online
Tips Membangun Bisnis Kecil-kecilan
Bisnis Rumahan
Small Business Strategy
Peluang Bisnis terbaru

Comments

Popular posts from this blog

9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses

Untuk sukses dalam bisnis saat ini, Anda harus fleksibel dan memiliki perencanaan dan kemampuan organisasi yang baik. Banyak orang memulai sebuah bisnis yang berpikir bahwa mereka akan menghidupkan komputer mereka atau membuka pintu mereka dan mulai menghasilkan uang, hanya untuk menemukan bahwa menghasilkan uang dalam bisnis jauh lebih sulit daripada yang mereka duga. Anda dapat menghindari hal ini dalam usaha bisnis Anda dengan meluangkan waktu dan merencanakan semua langkah penting yang Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan.
9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses
Nah, bagi anda yang baru memulai maupun sedang mengembangkan bisnis anda ketahap selanjutnya. Maka beberapa tips dibawah ini mungkin bisa saja membantu anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut adalah 9 Tips Untuk Membangun Bisnis Yang Sukses.
1. Teratur
Agar sukses dalam bisnis Anda perlu diatur. Organisasi akan membantu Anda menyelesaikan tugas dan tetap berada di atas hal-hal yang harus dilakukan. Cara yang baik untuk…

Apa itu Pinjaman Mikro dan Cara Mendapatkannya?

Setiap orang memiliki saat-saat ketika tidak ada cukup uang untuk membeli sesuatu, dan tidak mungkin menunggu gaji. Misalnya, Anda ingin membeli sesuatu, yang sekarang diskon, tapi tidak cukup untuk beberapa ribu rubel, dan mungkin batas akhir pembayaran pinjaman atau hutang kepada mitra bisnis. Apa yang harus dilakukan dalam kasus ini, jika Anda tidak dapat mengambil uang dari mana saja? Satu-satunya pilihan yang bisa memecahkan masalah Anda adalah pinjaman mikro.
Pinjaman mikro adalah pinjaman kecil yang diberikan oleh lembaga kredit. Perbedaan utama antara pinjaman ini dan kredit biasa adalah bahwa sejumlah kecil uang dikeluarkan dan dengan tingkat bunga tinggi. Oleh karena itu, perlu mengembalikan pinjaman mikro secepat mungkin, agar tidak membayar lebih.
Aspek positif dari pinjaman mikro Untuk mengambil pinjaman mikro dari Anda, Anda tidak memerlukan semua dokumen yang biasanya dibutuhkan bank saat menyetujui permohonan pinjaman. Oleh karena itu, keuntungan yang tidak diragukan dar…

Bacaan Niat Salat Sunnah Qobliyah Subuh, Dua Rakaat yang Tak Pernah Ditinggal oleh Nabi Muhammad SAW

Berikut di bawah ini adalah bacaan niat salat sunnah qobliyah Subuh.

Salat sunnah qobliyah Subuh adalah salat sunnah dua rakaat yang dikerjakan sebelum salat Subuh.

Dalam sejumlah hadist, muslim yang melaksanakan salat sunnah qobliyah Subuh akan mendapat pahala yang sangat besar.

Menurut hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Rasulullah saw hampir tidak pernah meninggalkan salat sunnah qobliyah Subuh.

Hukum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.

Berikut tata cara pelaksanaan shalat sunnah qabliyah subuh niat dan bacaannya:

Pertama, membaca niat

Bacaan atau lafadz niat dari shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua raka’t karena Allah Taala Kedua, Membaca surat al-fatihah dan surat-surat al-Qur’an  Pada rakaat pertama…