Skip to main content

Istilah SEO yang Wajib Anda Pahami (Khusus Pemula)

Istilah SEO yang Wajib Anda Tau (Khusus Pemula)
Istilah-istilah seo yang wajib anda pelajari
XDTPD Blogs | Ketika awal-awal ataupun pertama kali kita belajar ngeblog pasti kita tidak mengetahui apa itu seo. Pada masa-masa pertama ngeblog pasti diantara sekian banyak blogger adalah melakukan copy paste artikel orang dan memasang widget-widget yang gak penting seperti efek gelembung, efek salju, dan efek-efek lainnya pada blog mereka. Padahal, itu sangatlah berdampak buruk bagi blog itu tersendiri karena bisa mempengaruhi faktor kecepatan loading blog.

Jika sobat adalah blogger pemula yang baru terjun kedunia blogging, pasti yang ada dipikiran sobat adalah bagaimana cara untuk meningkatkan pengunjung blog. Dan jika sobat mencarinya di search engine (google, bing) pasti yang keluar adalah untuk melakukan Optimasi SEO agar blog sobat bisa mendapatkan ribuan pengunjung.

Nah, jika kita benar-benar baru terjun kedunia blogging pasti kita kebingungan dengan istilah SEO tersebut. Kata yang tersusun dari 3 huruf tersebut sebenarnya hanya singkatan dari ( Search Engine Optimation ) atau mengoptimasi mesin pencari. Tapi, untuk belajar seo kita tidak cukup hanya dengan mengetahui kepanjangannya saja bahkan artinya. Namun, kita juga harus benar-benar mempahami apa itu seo tersebut.

#ISTILAH-ISTILAH SEO YANG WAJIB ANDA PAHAMI


Nah, seo tersebut memiliki beberapa istilah dan berbeda pula cara untuk mengoptimasikannya. Dibawah ini kita akan membahas tuntas tentang istilah-istilah seo agar kita semua dapat mengetahui dengan benar dan paham tentang Optimasi SEO tersebut. Berikut adalah istilah-istilahnya :

1. SEO

SEO adalah teknik ataupun upaya dari pemilik situs maupun blog untuk mengoptimalkan halaman-halaman blognya agar bisa bersaing di mesin pencari, baik itu google, bing, yandex maupun mesin pencari lainnya. Biasanya, untuk mengoptimasi seo pemilik blog melibatkan faktor-faktor yang disukai oleh mesin pencari agar blognya dengan mudah dapat ditemui di mesin pencari tersebut.


2. SEO Onpage

Seo Onpage adalah upaya yang dilakukan terhadap blog dengan memanfaatkan faktor yang disukai oleh mesin pencari, diantaranya seperti menulis artikel yang berkualitas, menggunakan Template blog yang seo friendly maupun mendesign sedemikian rupa agar blog sobat lebih rapi dan memiliki page speed yang cepat.

2. SEO Offpage

Seo Offpage itu sendiri juga masih berkaitan dengan blog yang dimiliki, namun penarapannya tidak dilakukan pada blog tersebut. Teknik ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara agar blog tersebut dapat dikenal oleh banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikannya baik secara online maupun memberitahukan kepada teman-teman anda tentang blog tersebut. Selain itu, upaya untuk membangun seo offpage juga diterapkan dengan membangun berbagai backlink yang berkulitas untuk blog tersebut.



3. Backlink, Internal Link dan Ekternal Link

Nah, pada saat sobat mempelajari dasar-dasar SEO pasti yang banyak sobat jumpai adalah kata-kata Backlink, Internal Link, maupun Ekternal link. Sebenarnya dari ketiga kata tersebut mempunyai satu kesamaan yaitu sama link, tapi penerapan dan manfaatnya pun berbeda. Link adalah kata-kata ataupun tulisan hidup (Hyperlink) bukan bergerak ya, yang jika diklik pada link tersebut akan membuka halaman lainnya di blog tersebut.

Backlink adalah link yang menuju kepada situs yang sobat miliki namun terletak pada situs-situs lain. Backlink juga disebut dengan istilah Inbound Link (Link Masuk). Keberadaan backlink untuk blog kita sangat penting, dengan adanya backlink maka mesin pencari akan lebih mendongkrak blog kita. Semakin banyak backlink yang kita miliki maka semakin mudah pula blog kita ditemui dimesin pencari.

Internal Link adalah link yang terdapat pada blog kita, biasanya internal link digunakan diantara artikel-artikel yang terdapat pada blog tersebut yang ketika diklik akan menuju kehalaman lainnya diblog yang sama. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan artikel yang sedang dibaca sekaligus meningkatkan pageview blog tersebut.

Ekternal Link adalah link yang berada dihalaman blog kita yang ketika diklik akan menuju pada blog orang lain. Ekternal link juga sering disebut dengan Outbound Link (Link Keluar), yang manfaatnya juga sama dengan internal link yaitu sama-sama memberikan artikel refrensi lainnya namun pada blog lain.

4. SERP

Tidak kalah pula dengan istilah yang sudah ada diatas, kita pertama kali kita pelajari seo pasti kita juga sering menjumpai istilah SERP. sebenarnya serp tersebut adalah singkatan dari Search Enggine Result Page yaitu istilah lainnya yang mempunyai arti dari hasil pencarian di mesin pencari. Sebagai contoh sobat mencari mencari refrensi digoogle dengan mengetikkan keyword Istilah SEO maka akan muncul berbagai blog yang membahas tentang istilah seo tersebut, itu yang disebut dengan SERP.

5.Keyword

Keyword adalah kata kunci ataupun kata bidikan yang sobat pakai dalam penulisan artikel diblog sobat. Biasanya keyword dipakai oleh pemilik situ untuk menargetkan pengunjung agar dapat menjumpai blognya dimesin pencari. Dengan memakai keyword yang sangat tertarget maka akan sangat mudah membawa banyak pengunjung keblog sobat.


6. Page View dan Visitor

Jika pertama kali terjun dalam dunia blogging biasanya kita tidak peduli dengan kedua istilah tersebut dan tidak banyak pula orang menganggap pageview dan visitor itu sama. Namun, sebanarnya dari kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda.

PageView adalah jumlah halaman yang berhasil dibuka oleh pengunjung. Sebagai contoh, jika pengunjung sudah membaca satu artikel diblog sobat, namun ketika mendapatkan lagi artikel lainnya yang dia cari juga terdapat diblog sobat, maka dia akan membuka kembali artikel lainnya dan itu disebut pageview.

Visitor adalah orang yang mengunjungi blog kita. Jika visitor membuka beberapa halaman blog kita maka itu disebut pageview. Semakin banyak visitor yang mengunjungi blog sobat maka semakin banyak pula pageview yang terdapat pada blog sobat.

Itulah beberapa istilah penting yang wajib sobat ketahui tentang istilah-istilah seo. Sebenarnya masih banyak lainnya istilah yang berhubungan dengan SEO namun dari sekian banyak diatas adalah poin-poin penting yang wajib kita ketahui jika ingin mempunya blog yang berkualitas dan disukai oleh mesin pencari, sehingga blog kita memiliki banyak visitor dan juga memilki banyak pageview.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi refrensi bagi blogger pemula yang baru terjun kedalam dunia blogging dan juga semoga bisa bermanfaat bagi semuanya. Jangan lupa untuk berkunjung kembali, karena XDTPD Blogs akan membahas artikel lainnya tentang dunia blogging yang patut sobat ikuti.

Comments

Popular posts from this blog

9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses

Untuk sukses dalam bisnis saat ini, Anda harus fleksibel dan memiliki perencanaan dan kemampuan organisasi yang baik. Banyak orang memulai sebuah bisnis yang berpikir bahwa mereka akan menghidupkan komputer mereka atau membuka pintu mereka dan mulai menghasilkan uang, hanya untuk menemukan bahwa menghasilkan uang dalam bisnis jauh lebih sulit daripada yang mereka duga. Anda dapat menghindari hal ini dalam usaha bisnis Anda dengan meluangkan waktu dan merencanakan semua langkah penting yang Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan.
9 Tips Untuk Membangun Bisnis Sukses
Nah, bagi anda yang baru memulai maupun sedang mengembangkan bisnis anda ketahap selanjutnya. Maka beberapa tips dibawah ini mungkin bisa saja membantu anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Berikut adalah 9 Tips Untuk Membangun Bisnis Yang Sukses.
1. Teratur
Agar sukses dalam bisnis Anda perlu diatur. Organisasi akan membantu Anda menyelesaikan tugas dan tetap berada di atas hal-hal yang harus dilakukan. Cara yang baik untuk…

Apa itu Pinjaman Mikro dan Cara Mendapatkannya?

Setiap orang memiliki saat-saat ketika tidak ada cukup uang untuk membeli sesuatu, dan tidak mungkin menunggu gaji. Misalnya, Anda ingin membeli sesuatu, yang sekarang diskon, tapi tidak cukup untuk beberapa ribu rubel, dan mungkin batas akhir pembayaran pinjaman atau hutang kepada mitra bisnis. Apa yang harus dilakukan dalam kasus ini, jika Anda tidak dapat mengambil uang dari mana saja? Satu-satunya pilihan yang bisa memecahkan masalah Anda adalah pinjaman mikro.
Pinjaman mikro adalah pinjaman kecil yang diberikan oleh lembaga kredit. Perbedaan utama antara pinjaman ini dan kredit biasa adalah bahwa sejumlah kecil uang dikeluarkan dan dengan tingkat bunga tinggi. Oleh karena itu, perlu mengembalikan pinjaman mikro secepat mungkin, agar tidak membayar lebih.
Aspek positif dari pinjaman mikro Untuk mengambil pinjaman mikro dari Anda, Anda tidak memerlukan semua dokumen yang biasanya dibutuhkan bank saat menyetujui permohonan pinjaman. Oleh karena itu, keuntungan yang tidak diragukan dar…

Bacaan Niat Salat Sunnah Qobliyah Subuh, Dua Rakaat yang Tak Pernah Ditinggal oleh Nabi Muhammad SAW

Berikut di bawah ini adalah bacaan niat salat sunnah qobliyah Subuh.

Salat sunnah qobliyah Subuh adalah salat sunnah dua rakaat yang dikerjakan sebelum salat Subuh.

Dalam sejumlah hadist, muslim yang melaksanakan salat sunnah qobliyah Subuh akan mendapat pahala yang sangat besar.

Menurut hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad Rasulullah saw hampir tidak pernah meninggalkan salat sunnah qobliyah Subuh.

Hukum mengerjakan shalat sunnah qabliyah subuh adalah sunnah muakkadah yaitu sunnah yang sangat dianjurkan.

Berikut tata cara pelaksanaan shalat sunnah qabliyah subuh niat dan bacaannya:

Pertama, membaca niat

Bacaan atau lafadz niat dari shalat sunnah qabliyah subuh 2 rakaat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَةً لِلهِ تَعَالَى
Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.

Artinya: Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua raka’t karena Allah Taala Kedua, Membaca surat al-fatihah dan surat-surat al-Qur’an  Pada rakaat pertama…